6 ALASAN AC MOBIL TIDAK DINGIN

6 ALASAN AC MOBIL TIDAK DINGIN

Perlu diingat, jika mobil Anda telah berada dalam terik matahari langsung selama beberapa jam, maka panas telah tersimpan di dalam mobil dan harus segera hilang apabila ac mobil dinyalakan. Namun, jika 5 menit berlalu dan tidak terasa lebih dingin maka mungkin ada masalah pendingin mobil. Ada beberapa alasan mengapa sistem pendingin udara Anda mungkin meniupkan udara hangat daripada udara dingin.

Berikut beberapa kemungkinan:

  1. Kebocoran refrigeran

Kebocoran mungkin berada di evaporator, kondensor atau selang, di mana Anda harus membawa mobil Anda ke montir service ac mobil untuk diperbaiki. Jika udara masih tidak dingin setelah menambahkan lebih banyak Freon maka mungkin ada kebocoran lain di dalam sistem. Ini adalah salah satu masalah paling umum untuk masalah AC.

  1. Kompresor yang rusak

Kompresor memberi tekanan pada refrigeran dan memompanya ke seluruh komponen AC yang diperlukan. Karena semuanya berputar di sekitar kompresor, kompresor yang rusak berarti AC tidak akan bekerja dengan benar. Biasanya akan ada bunyi bunyian keras ketika kita mencoba menyalakan AC jika kompresor rusak.

  1. Tabung dryer tersumbat

Jika ada penghalang di dalam tabung, itu akan menghentikan refrigeran mencapai evaporator, menyebabkan sistem ac meniupkan udara hangat. Jika dibiarkan tidak diperbaiki, ini hanya akan menjadi lebih parah rusaknya seiring waktu.

  1. Kehilangan isi freon

Penyebab umum AC yang tidak dingin adalah refrigeran perlu diisi ulang. Anda dapat mengisinya sendiri dengan perangkat pengisi daya, tetapi Anda mungkin lebih nyaman membawanya ke bengkel service untuk diteliti mengapa freon habis.

  1. Kipas rusak

Anda dapat mengenali gejala ini jika Anda bisa merasakan udara dingin tetapi sebenarnya tidak bertiup. Jika kabel rusak, Anda dapat memperbaikinya dengan membongkar dasbor. Atau langkah yang tepat bawa ke bengkel service ac mobil.

  1. Kotoran di dalam sistem ac mobil

Refrigeran, bahan kimia, dan minyak harus menjadi satu-satunya zat di sistem Anda. Jika kotoran masuk, dapat menyebabkan katup ekspansi gagal, refrigeran terdekomposisi dan bagian logam menjadi berkarat.

Sistem pendingin udara di mobil itu rumit dan sensitif. Beberapa masalah bisa diperbaiki dengan mudah, seperti menambahkan lebih banyak lagi Freon. Namun, beberapa masalah seharusnya hanya ditangani oleh mekanik yang berpengalaman. Mereka memiliki peralatan yang tepat untuk memeriksa sistem, memperbaiki kebocoran, dan memperbaiki tingkat Freon menjadi tekanan yang tepat untuk kendaraan dan kompresor khusus mobil. Serta pekerjaan tersebut dilakukan dengan benar untuk mobil kita. Segeralah ke bengkel service ac mobil apabila ac kendaraan kita tidak dingin.

sumber : ac mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *