4 Kiat Sebelum Melakukan Efiling Pajak Badan

4  Kiat Sebelum Melakukan Efiling Pajak Badan

smconsult – Bagi Anda yang baru mengatahui mengenai efiling pajak badan dan ingin segera memanfaatkan sistem terbaru tersebut, dianjurkan untuk memahami terlebih dahulu cara kerja dari efiling pajak badan sehingga tidak akan mengalami kesalahan saat melakukan efiling pajak badan.

Tidak perlu takut mencoba hal yang baru, mungkin dipercobaan pertama Anda gagal, namun untuk percobaan seterusnya setelah mengetahui kiat-kiat melakukan efiling pajak badan yang baik dan benar Anda pun bisa melakukan kegiatan ini kapan saja saat dibutuhkan. Berikut ini kiat kiat lakukan efiling pajak badan mudah, baik dan benar:

Mengetahui Situs Pajak Online Resmi

Sejak dikeluarkannya keputusan untuk melakukan pelaporan pajak secara online oleh Direktorat Jendal Pajak dengan surat keputusan resmi, wajib pajak diwajibkan untuk selalu menggunakan aplikasi yang sebelumnya telah diakui maupun disahkan oleh DJP. Ada beberapa penyedia aplikasi e-SPT alternative maupun e-filing pajak online yang sudah disahkan DJP. Ada banyak kemudahan dan manfaat yang akan Anda terima jika melakukan lapor, pajak atau setor pajak secara online.

Memahami Mengenai Batas Waktu Pelaporan Pajak Badan Secara Online

Sebagaimana melaporkan pajak badan secara offline atau manual, batas waktu melaporkan pajak secara online mengikuti batas waktu pelaporan SPT secara manual.

  1. SPT Masa PPN

Di mana batas waktu melaporkan SPT masa PPN merupakan tiap akhir bulan di bulan berikutnya.

  1. SPT Masa PPh

Merupakan batas waktu pelaporan SPT penghasilan yang dilaporkan tiap tanggal 20 di bulan berikutnya

  1. SPT Tahunan Badan

Di mana batas waktu pelaporan SPT Tahunan Badan tiap tanggal 30 April maupun 4 bulan pasca perusahaan tutup buku.

Mengetahui Kisaran Denda Keterlambatan Lapor SPT Secara Online

Jumlah besar kecilnya denda sudah ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan bila wajib pajak terlambat melaporkan SPT badan secara online di mana jumlahnya sama dengan wajib pajak yang melaporkan kewajiban pajak secara manual.

Harus Memiliki EFIN Perusahaan

Sebelum wajib pajak melakukan efiling pajak badan secara online, semua wajib pajak tersebut diharuskan untuk memiliki EFIN perusahaan terlebih dahulu dengan cara menyiapkan file CSV SPT yang akan dilaporkannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *